Sudah banyak orang memberikan penjelasan panjang lebar tentang Kurikulum 2013, sehingga justru belum jelas dan perlu penjelasan lebih lanjut. Pada kesempatan ini ingin saya jelaskan lebih ringkas agar mudah dipahami sebagai penjelasan umum Kurikulum 2013 (K13) dariĀ  Prof Syawal Gultom.

K13 adalah lanjutan atau penyempurnaan kurikulum sebelumnya. Jadi bukan diganti, tetapi disempurnakan!

Kita sadari bersama bahwa kurikulum selama ini cenderung memperhatikan pengetahuan (knowledge) kurang dalam keterampilan (skill) dan penanganan sikap (attitute). Pada K13 ketiga aspek pembuat kompetensi tersebut di satukan secara bersama-sama (integratif).

Secara urutan penguasaan kompetensi dimulai dari pengetahuan kemudian keterampilan dan selanjutnya penanaman sikap. Istilah penyempurnaan juga dari situasi ini, pasti selama ini penguasaan pengetahuan sudah dilaksanakan, sehingga perhatian lebih lanjut dalam pembentukan keterampilan dan sikap menjadi penyempurnanya.
Dalam membangun kompetensi seseorang harus mengetahui terlebih dahulu pengetahuan, kemudian setelah dipahami dilakukan dalam bentuk tindakan dan terakhir dalam melakukan diperlukan sikap sikap yang mendukungnya.

Pada proses pendidikan sikap ditanamkan setelah pengetahuan dan keterampilan dikuasai siswa. Sementara dalam kehidupan sosial sikap adalah unsur pertama sebelum berbuat.

Tidaklah berarti seseorang menguasai pengetahuan tentang menanam apel ketika dia tidak dapat menanam apel di ladangnya. Demikian pula penguasaan terhadap resep resep masakan berkelas internasional sekalipun tidak berarti bila waktu menggoreng telor ceplok aja gosong. Disinilah fungsi keterampilan setelah penguasaan pengetahuan diperlukan.

Sedangkan sikap diperlukan untuk memandu pemanfaatan pengetahuan dan keterampilan yang dimiliki. Seseorang yang menguasai teori bahan peledak, dan kemudian dia memang dapat meramu bahan peledak dan dipergunakan untuk membunuh orang lain akan menimbulkan masalah. Seseorang yang menguasai pengetahuan firus komputer, dan dia benar benar akhli membuat firus dan kemudian menyebarkannya ke jaringan internet juga sangat berbahaya. Karena itu sikap harus ditanamkan dalam proses pendidikan agar tidak terjadi kesalahan pemanfaatan iptek yang dikuasai.

Jelas sudah apa itu K13 dengan penjelasan yang singkat ini sebagai pintu masuk pada penjelasan yang lebih rinci selanjutnya untuk semakin memahami.

Yakinlah bahwa K13 adalah proses memperbaiki generasi bangsa, maka harus segera dilakukan agar segera nampak hasilnya.

Salam K13: Sugiarta.